Wednesday 1 April 2015

CONTOH SKRIPSI LANDASAN TEORI

Teman-teman yang sedang menyusun skripsi atau tesis, pastilah Anda sedang berjuang membuat landasan teori dari topik skripsi atau tesis Anda. Di bawah ini saya akan mencoba membantu anda membuat landasan teori pada skripsi atau tesis anda. Biasanya landasan teori itu berada pada bab kedua. Bagian ini memaparkan teori-teori yang mendukung hipotesa-hipotesa yang akan diuji dalam analisis skripsi dan tesis Anda. Pada bagian ini, saya akan memaparkan landasan teori mengenai manajemen pemasaran.

strategi pemasaran


Konsep pemasaran adalah filsafat manajemen pemasaran untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien daripada yang dilakukan pesaing (Kolter dan Amstrong, 2001). Pengertian lain dari konsep pemasaran adalah sebuah filsafat bisnis yang mengatakan bahwa kepuasan keinginan dari konsumen adalah dasar kebenaran sosial dan ekonomi kehidupan sebuah perusahaan (Stanton, 1996). Dari definisi konsep pemasaran tersebut maka penggunaan konsep pemasaran bagi perusahaan menjadi sangat penting dan dapat dijadikan arah dalam pencapaian keberhasilan perusahaan. 

Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai sasaran organisasi adalah perusahaan harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menyerahkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih (Kotler, 2005). Tujuan akhir konsep pemasaran adalah membantu organisasi mencapai tujuannya. Dalam kasus organisasi bisnis, tujuan utamanya adalah laba, sedangkan organisasi nirlaba dan organisasi publik, tujuannya adalah mendapatkan dana yang memadai untuk melakukan aktivitas-aktivitas sosial dan pelayanan publik (Tjiptono,2008).

Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Perusahaan dapat menggunakan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan, sebab setiap jenis program (seperti periklanan, promosi penjualan, personal selling, layanan pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap permintaan (Tjiptono, 2008).

Dengan demikian dibutuhkan mekanisme yang dapat mengoordinasikan program-program pemasaran agar program-program itu sejalan dan terintegrasi dengan sinergik. Mekanisme ini disebut strategi pemasaran. Umumnya peluang pemasaran terbaik diperoleh dari upaya memperluas permintaan primer, sedangkan peluang pertumbuhan terbaik berasal dari upaya memperluas permintaan selektif.

Menurut Corey (dalam Tjiptono,1997), strategi pemasaran terdiri atas lima elemen yang saling terkait. Kelima elemen tersebut adalah persepsi terhadap fungsi produk dan pengelompokan teknologi yang dapat di proteksi dan didominasi, keterbatasan sumber daya internal yang mendorong perlunya pemusatan (fokus) yang lebih sempit, pengalaman kumulatif yang didasarkan pada percobaan di dalam menanggapi peluang dan tantangan, kemampuan khusus yang berasal dari akses terhadap sumber daya langka atau pasar yang terproteksi. Untuk memperoleh keberhasilan, pemasar harus melihat lebih jauh berbagai faktor yang mempengaruhi pembeli dan mengembangkan pemahaman mengenai bagaimana konsumen melakukan keputusan pembelian (Istiyono dkk, 2007).
Semoga membantu ya. Selamat mengerjakan skripsi atau tesisnya.

2 comments:

  1. Mantap gan untuk pembahasannya mengenai contoh landasan teori pada skripsi, sukses gan untuk artikel pembahasan lainnya.

    ReplyDelete